Pages

Labels

Kamis, 28 Februari 2013

Berkenalan dengan Jenis Kulit

Sobat Simply, kulit itu bermacam-macam lho? iya... banyak macamnya... ada kulit durian, kulit jeruk, kulit rambutan, kulit sepatu juga ada :D. Okeh, biar tidak salah persepsi, kulit yang bakal dibahas di artikel ini, adalah kulit kita, manusia (yang merasa bukan manusia, sila menyingkir ya... )

Sebenarnya, buat apa siy, kita perlu kenal macam-macam kulit manusia? Just simple answer, Beauty: biar mudah menentukan produk perawatan kulit dan jenis perawatan apa yang mak nyus buat simply semua.

Ada yang membagi jenis kulit dalam 3 macam saja: Normal, Kering, dan Berminyak (Ini orang-orang yang ga mau repot.. :))
Ada juga yang membagi jenis kulit dalam 4 macam: Normal, kering, berminyak, dan kombinasi (Ini orang-orang yang suka sama angka empat,, jiaaah)

Ada juga yang membagi jenis kulit dalam 5 macam. Normal, kering berminyak, kombinasi, dan sensitif (Ini katanya dokter lho)

Bedanya dan cirinya apa?


Kulit Normal
Tekstur kulit normal sangat lembut, pori-pori kecil, dan elastisitasnya bagus. Ini disebabkan kandungan air yang cukup dengan sebum yang dihasilkan sangat sedikit. Hampir semua orang pasti ngiler pingin punya kulit seperti ini, makanya jadi terobsesi merawat kulit. Kulit normal tidak butuh perawatan yang banyak. (Kalau rutin kena polusi dan UV tetap harus dibersihkan lho, biar tidak menimbulkan masalah kulit lainnya)

Kulit Berminyak
Ingat iklan produk pembersih wajah di tipi? Ceritanya di iklan itu, ada seorang cewe mau nampar cowonya. Tapi ga jadi karena "Kulitnya berminyak sekali!" Kulit berminyak sering berkilap dan memproduksi minyak. ditambah dengan pori-pori yang cenderung besar Buntut-buntutnya, mudah timbul jerawat dan komedo dan berakhir dengan noda hitam akibat timbunan pigmen. Apalagi kalau jerawatnya muncul, keseringan bernanah.

Kulit Kering
Kebalikan dari kulit berminyak, kulit kering malah memiliki kandungan air dan sebum yang sedikit dengan pori-pori yang kecil. Kulit terasa ketat, tegang dan tidak nyaman. Wajah menjadi kurang berseri dan kusam.Tapi jangan kira kulit kering bukan berarti aman dari jerawat lho? Menurut si dokter, di samping kulit kering, ada kulit dehidrasi. Kulit kering akan tetap kering sebelum atau sesudah dibersihkan, kulitnya ketat, retak dan kadang gatal. Sedangkan kulit dehidrasi diakibatkan kekurangan cairan 'sementara' kulit. Biasanya karena kurang minum dan salah memakai kosmetik. Kulit dehidrasi terasa agak ketat dan timbul lipit-lipit halus.

Kulit Kombinasi
Tipe kulit ini gabungan dari 3 tipe sebelumnya.Di area T: Dahi, hidung, dagu, cenderung berminyak dan pori-porinya besar plus full komedo (kalau ga dibersihkan, hehe). Sedangkan di bagian pipi cenderung kering.

Kulit Sensitif
Kulit sensitif biasanya sangat kering dan tipis, terasa ketat, sehingga mudah mengalami peradangan dan iritasi. Kulit sensitif memiliki daerah kemerahan dan kadang bersisik, kadang terasa gatal dan kesemutan. Inilah kulit yang paling rapuh dan mudah bermasalah. Kulit jenis ini membutuhkan perawatan khusus. Pemiliknya juga harus wanti-wanti dalam memilih kosmetik. Baiknya gunakan kosmetik yang ada label "For Sensitive skin" saja


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

 

katalog Desember 2013

Translate

Cari Blog Ini

Total Tayangan Halaman